UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELAUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VIII D SMP NEGERI 6 LUWUK KABUPATEN BANGGAI

Hasman Hasman

Abstract


Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIID  di SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai pada Materi Garis Dan Sudut  . Ada beberapa hal yang menyebabkan permasalahan tersebut diantaranya pada dasarnya Peserta Didik kurang perhatian pada proses pembelajaran, malu bertanya pada guru serta kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal sehingga peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan Materi Garis Dan Sudut  . Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model pembelajaran Spiral Kemmis dan Taggrat menurut Arikunto yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan Kelas VIID di SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai pada Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tes tindakan, terjadi peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Mulai dari tes awal sampai tes akhir tindakan siklus II. Peningkatannya dapat dilihat dari 67,55% pada siklus I menjadi 88,55% pada siklus II. Untuk hasil observasi peserta didik dan guru terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan hasil observasi peserta didik dapat diihat  dari 64,29% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II, dan peningkatan hasil observasi guru dapat dilihat dari 67,86% dari siklus I menjadi 86,90% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Garis Dan Sudut  dapat meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII D di SMP Negeri 6 Luwuk Kabupaten Banggai.


Keywords


Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard 2008. Learning to teach (belajar untuk mengajar))(buku satu) terjemahan. Yogyakarta . Pustaka Pelajar

Arikunto, S 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press

Herdian 2010. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 no 2. Juli 2010.

Masaniku, R. 2010. Pengaruh model pembelajaran problem basid learning dan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar PPKn SMP. Tesis tidak dipublikasikan.

Robbin 2007. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 no 2. Juli 2010

Sinaga dkk. 2011. Penalaran Pemecahan Masalah dan Komunikasi DalamPembelajar Matematika. Depdiknas. Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika Yogyakarta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publish By : FKIP Universitas Tompotika Luwuk.

Alamat: Jalan Dewi Sartika No. 65. Luwuk Kab. Banggai
Telp. (0461) 21411, Fax. (0461) 21411
Email: linearjurnal@gmail.com